![]() |
| Vulkanisir Ban Maestro |
Pengertian Umum
Vulkanisir Ban atau dikenal dengan RETREADING,
adalah proses remanufaktur yang bertujuan untuk menambah umur ban yang telah
digunakan. Proses ini dilakukan dengan cara melapisi kembali ban yang telah aus
digunakan dengan tapak baru (TREAD).
Mengapa Perlu Vulkanisir?
Ban Merupakan komponen
terbesar setelah BBM, dan memberikan konstribusi sebesar 30% dari total
operasional kendaraan transportasi (khususnya truk).
Dan perli kita ketahui 70% nilai dari sebuah ban berada di CASING dan hanya 30% berada di TREAD. Dan saat digunakan hanya bagian yang 30% ini saja yang habis terpakai, sehingga dengan tidak melakukan Vulkanisir perusahaan telah melakukan pemborosan sebesar 70% dari harga ban tadi. Kuncinya adalah merawat ban dan memberikan edukasi terhadap driver/ pengguna sehingga umur CASING dapat dimaksimalkan. CASING yang dirawat dengan baik dapat melalui proses vulkanisir sampai dengan 2-3 kali.
Dan perli kita ketahui 70% nilai dari sebuah ban berada di CASING dan hanya 30% berada di TREAD. Dan saat digunakan hanya bagian yang 30% ini saja yang habis terpakai, sehingga dengan tidak melakukan Vulkanisir perusahaan telah melakukan pemborosan sebesar 70% dari harga ban tadi. Kuncinya adalah merawat ban dan memberikan edukasi terhadap driver/ pengguna sehingga umur CASING dapat dimaksimalkan. CASING yang dirawat dengan baik dapat melalui proses vulkanisir sampai dengan 2-3 kali.
Dengan melakukan vulkanisir ban, casing ban yang telah digunakan dapat dipakai kembali hingga berulang kali sehingga menunda pembuangan sampah ban ke lingkungan dan membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik dan sustainable.
Ban yang telah melalui
proses vulkanisir memiliki kekuatan yang sama dengan ban yang baru, hal ini
dapat dibuktikan dengan fakta bahwa 98% ban pesawat terbang melakukan
vulkanisir kembali bannya. (baca Benarkah Ban Vulkanisir Digunakan Di Pesawat Terbang?)
![]() |
| Vulkanisir Ban Maestro |
Siapa Saja Yang Dapat
Menggunakan Ban Vulkanisir?
Hampir semua ban karet yang
diciptakan oleh manusia dapat di vulkanisir kembali, seperti: ban mobil, ban
truk, ban pesawat terbang, ban forklift, dan ban dengan karet mati. (tidak
memiliki ban dalam)
Semua ban tadi dapat
divulkanisir dengan syarat bahwa ban tersebut masih memiliki kondisi casing
yang layak dan tidak habis masa pakainya (umur ban maksimal adalah 5 tahun)


Tidak ada komentar:
Write komentar